Kamis, 01 April 2010

berbagai varian Aliran dalam Aikido

Monday, 27 July 2009

*
berbagai varian Aliran dalam Aikido
Aikido memiliki banyak varian style. Dalam hal ini semua dikarenakan perbedaan interpretasi dalam pemahaman Aikido dan juga penerapannya. Aikido memiliki organisasi internasional yakni IAF (International Aikdo Foundation) dan juga headquarter yang bernama Hombu Dojo dimana bernaung organiasi aikido yang paling besar di dunia AIKIKAI.

Aikikai merupakan generasi pertama dari varian Aikido dimana banyak yang mengatakan bahwa merupakan Ueshiba Aikido atau yang lebih dapat dikatakan adalah Aikido yang masih menrapkan prinsip-prinsip dan style dari Morihei sang founder. Generasi kedua merupakan generasi para Uchi Desi dang founder dimana setiap murid memiliki interpretasi sendiri-sendiri.


Generasi Pertama

Aikikai, dimana merupakai organisasi Aikido terbesar di dunia. memiliki markas besar di Hombu Dojo dan sampai saat ini masih dipimpin oleh cucu sang pendiri Moriteru Ueshiba (植芝 守央 Ueshiba Moriteru, born 1951).

Generasi Kedua

Generasi Kedua dari svarian style aikido ditemukan oleh para murid Ueshiba. Yang termasuk dalam golongan ini antara lain :
1. Yoshinkan Aikido, yang didirikan oleh Gozo Shioda tahun 1955
2. Yoseikan Aikido, yang didirikan oleh Minoru Mochizuki tahun1931
3. Shodokan Aikido, yang didirikan oleh Kenji Tomiki tahun 1967
4. Manseikan Aikido, yang didirikan oleh Kanshu Sunadomori tahun 1954, sebagai aliran independen yang berpusat di kyushu.


Perbedaan aliran itu tidak menimbulkan pertentangan sampai Ueshiba Morihei meninggal dunia kecuali Shodokan Aikido yang menyebabkan banyak kontroversi akibat diperbolehkannya semacam kompetisi yang tentunya hal ini mencederai prinsip dan semangat dari aikido.

Setelah Ueshiba meninggal muncul beberapa aliran aikido baru, diantaranya :
1. Ki Society, yang didirikan oleh Koichi Tohei tahun 1974, Ki Society atau ki aikido didirikan akibat konflik antara koichi tohei dan kishomaru ueshiba yang pada saat itu merupakan pimpinan dari aikikai foundation. Pertentangan itu disebabkan oleh perbedaan pendapat mengenai ki development dalam latihan reguler. Setelah Tohei pergi dari aikikai, maka Tohei mendirikan organisasinya sendiri yang diberi nama Shin Shin Toitsu Aikido, dan menamakan Aikidonya ki aikido.
2. Suenaka-ha tetsugaku-ho wadokai Aikido, yang didirikan oleh Roy Y Sunaka tahun 1975
3. Iwama Ryu, Aliran ini berkembang di daerah iwama jepang. Yang mengembangkan metodologi pengajaran aliran iwama adalah Morihiro Saito. Walaupun aliran iwama masih diakui sebagai bagian dari Aikikai, namun kematian Saito membuat perpecahan di kubu iwama-ryu. Dimana satu pihak mendukung untuk tetap berafiliasi dengan aikikai dan yang lain mendirikan organisasi independen Shinshin Aikishuren Kai (神信合気修練会?) dibawah pemimpinnya Hitohiro Saito.
4. Kokushai Aikido Kenshukai Kobayashi Hirokazu Ha (Kobayashi Aikido) yang didirikan oleh Hirokazo Kobayashi.

Aliran Aikido terus berkembag termasuk diantaranya yang independen dan tidak memiliki afiliasi dengan aliran yang disebutkan diatas.

Generasi Ketiga
1. Shin'ei Taido (親英体道) aliran ini mendekati aikido tradisional, ditemukan tahun 1956 oleh Noriaki Inoue (1902-1994) yang juga merupakan kemenakan dari Morihei
2. TendoRyu Aikido (天道流合気道 Tendō-ryū Aikidō) didirikan oleh Kenji Shimizu tahun 1982. Mendirikan Shimizu Dojo di tahun 1969 dan menamakan ulang Tendokan
3. Kokikai Aikido Internasional, didirikan oleh Shuji maruyama tahun 1986
4. Fugakukai International Asscociation, didirikan 1982 memiliki akar yang sama dengan shodokan tanpa elemen kom[petisi
5. Yoshokai, didirikan tahun 1991 oleh Takashi Kushida yang merupakan senior instruktur dari Yoshinkan Aikido
6. Aikido Yuishinkai Internasional, didirikan 1996 oleh Koretoshi Maruyama
7. Keijutsukai Aikido didirikan februari 1980 didirikan oleh Thomas H Makuyama. Keijutsukai berarti police/security technique.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar